Masuk

Ingat Saya

Cegah terorisme mulai dari diri sendiri

02_burglar

Adanya terorisme merupakan sama dengan adanya kejahatan lainnya yaitu membiarkan kesempatan terbuka bagi mereka untuk masuk ke sendi-sendi kehidupan kita. Jika benar kita sebagai warga Indonesia mencintai negeri ini maka tak sepantasnya kita tidak peduli pada tanah yang kita pijak sejak lahir dan tumbuh dewasa ini.

Cegah masuknya terorisme kita awali dari diri sendiri, dengan cara-cara sebagai berikut

1. Jangan mau dikecohkan oleh propaganda

Jika melihat berita negatif di media jangan langsung percaya, biasakan untuk kritis dan menelusuri terlebih dahulu kebenaran dari berita tersebut. Jangan malah langsung dibagikan pada netter yang lain tanpa terlebih dahulu membaca isi dari berita tersebut dan mencari tahu kebenarannya.

2. Bijak dalam menggunakan internet

Internet merupakan sarana yang paling mudah digunakan di mana saja, oleh siapa saja dan kapana saja. Gunakan internet untuk hal yang positif, dan bukannya menjadikannya sebagai sarana untuk melakukan penyerangan secara online pada pihak tertentu.

3. Waspada pada lingkungan bergaul dan tempat tinggal

Pedulilah pada lingkungan sekitar tempat tinggal dan lingkungan di mana kita bergaul. Tanpa adanya kepedulian kita maka terorisme dengan mudah akan terselip di orang-orang sekitar kita. Waspada bila terjadi pergerakan-pergerakan mencurigakan seperti aktivitas tanpa izin yang melibatkan kekerasan, pendoktrinan sebuah ajaran yang menyesatkan dan lain sebagainya.

4. Jadikan agama sebagai pedoman hidup

Nilai-nilai norma agama tak lepas dari kehidupan kita sehari-hari, jauhi hal-hal negatif dengan tetap berserah diri pada Tuhan yang maha esa dan senantiasa berpedoman dengan melakuakn apa yang dianjurkan agama dan menjauhi apa yang dilarang oleh agama, maka hidup akan senantiasa damaikan jiwa.

 

zakiyah1590
Dengan